RSS

Beberapa Cara menguji keaslian madu



Membedakan antara madu yang asli dengan madu yang palsu atau campuran memang sulit, karena para pemalsunya juga berusaha untuk meminimalkan perbedaan yang ada, satu satunya cara memang harus dibuktikan lewat tes laboratorium. Tapi jangan kuatir karena masih ada cara yang biasa/umum digunakan seperti : 
Tuangkanlah madu di segelas air putih, kalau madu tersebut langsung bercampur rata dengan air berarti palsu (karena
mengandung air yg tinggi / encer), karena madu asli pasti kental dan akan memisah dengan air kecuali kalau kita telah mengaduknya.
Tuangkan beberapa tetes madu ke kertas koran, bila tembus kertas koran maka madu tersebut palsu karena mengandung air sehingga merembes, madu asli tidak tembus Koran karena kental.
celupkan korek api ke madu, bila korek tidak bisa menyala setelah digesek ke kotak koreknya berarti madu itu palsu.
Bakar madu di atas sendok makan, bila madu tersebut hanya mendidih saja berarti palsu, madu asli jika dibakar di atas sendok akan memuai dan tumpah keluar dari sendoknya.
Simpan madu di lemari es, bila madu membentuk kristal dan bahkan sampai berbunyi desis bila dibuka atau meletup maka madu itu palsu. Karena telah mengalami fermentasi.
Indikator bahwa semut hanya akan mengerubungi madu yang palsu juga tidak benar karena bagaimanapun juga semut suka kepada yang manis-manis (glukosa), tetapi untuk madu asli semut tidak akan bisa memakannya karena sifat madu asli yg kental.
Hati-hati bila ada penawaran madu dengan harga yang sangat murah karena pada dasarnya harga madu asli relative agak mahal karena untuk mendapatkannya perlu waktu yg agak lama dan stok yang tidak banyak setiap panennya.
Mungkin masih ada banyak cara tes apakah madu itu palsu atau tidak seperti cara di atas, tapi dari semuanya ada satu cara tes akhir yang sangat ampuh dan tidak bisa ditiru oleh para pembuat madu aspal sekalipun yaitu :

Tuang 1 - 2 sendok madu ke piring makan kemudian tuangkan air secukupnya terus digoyang pelan-pelan, jika madu itu adalah ASLI maka akan terbentuk pola hexagonal seperti yang ada pada sarang lebah.
semoga informasi ini bermanfaat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar